Cara Mengatasi Laptop dan Komputer yang Hang - Bagi seorang pengguna laptop maupun komputer pasti pernah mengalami hal yang satu ini. Pasti sangat menyebalkan bila hal ini terjadi. Penyebab dari masalah ini ada banyak sekali diantaranya kapasitas RAM yang kecil , Banyaknya program yang terbuka ,dan adanya virus pada laptop atau komputer kamu. Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang cara mengatasi laptop yang hang beserta penyebabnya. Adapun penyebab dan cara mengatasinya sebagai berikut :

1. Laptop hang karena kekurangan Memory 
Penyebab : sudah bukan menjadi rahasia lagi bagi pengguna laptop jika mereka menggunakan memory yang kecil pasti akan sering mengalami hang. Hal ini terjadi karena semua data sementara ketika kamu menjalankan komputer maka datanya akan disimpan di memory. jika kapasitas memorinya kurang hanging pun tak bisa terhindarkan.

Solusi : jika memang laptop atau komputer kamu mempunyai kapasitas memory yang kecil sehingga menyebabkan hang. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan agar laptop atau komputer kamu tidak hang. Yang pertama yaitu dengan meng upgrade memory kamu dengan kapasitas yang lebih tinggi tapi jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli memori maka jalan keduapun dapat ditempuh, yaitu dengan menggunakan os yang ringan jangan gunakan os yang membutuhkan memory tinggi sehingga memory laptop atau komputer kamu tidak kepenuhan yang akan menyebabkan laptop atau komputer kamu hang.

2. Laptop hang karena terlalu banyaknya program yang terinstall

Penyebab : Banyaknya program yang terinstall akan membuat semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup. Hal ini akan membuat memory laptop atau komputer kamu menyimpan terlalu banyak data dan juga meningkatkan kinerja processor yang jika berlebihan dapat membuat laptop atau komputer kamu menjadi hang.

Solusi : solusi dari masalah ini adalah jangan menginstall terlalu banyak program dan jika sudah terpaksa menginstall banyak program maka kamu dapat mengunistallnya atau menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis saja.

3. Laptop hang karena terlalu banyak program yang dijalankan

Penyebab : semakin banyak program yang dijalankan maka banyak data yangakan disimpan di memory selain itu juga akan memacu kinerja processor dengan lebih keras lagi. Hal ini sangat berpotensi terjadinya hanging.

Solusi : bukalah program yang benar benar kamu butuhkan saja. jadi jangan membuka terlalu banyak program apalagi jika program yang kamu buka berukuran besar pasti akan sangat mungkin terjadinya hanging. Dan jika sudah terlanjur hanging maka kamu bisa menghetikan program program tersebut di task manager atau merestartnya.

4. Laptop hang karena adanya virus, malware atau spyware pada laptop 

Penyebab : Aktifitas dari virus yang memakan banyak resource komputer sering menyebabkan komputer melambat bahkan menjadi hang. virus memang tidak kita harapkan namun mau bagai mana lagi virus ini pasti akan tiba tiba muncul dan dapat menyebarkan dirinya dalam jumlah banyak sehingga dapat menyebabkan hang.

Solusi : Cara ampuh untuk membersihkan komputer dari virus adalah dengan booting komputer dan pilih safe mode, lalu scan komputer dengan antivirus scanner seperti malwarebytes, norman malware scanner, trend micro system cleaner atau dengan menggunakan Antivirus Live CD agar virus bisa benar benar bersih dari laptop atau komputer kamu.
 
5. Laptop hang karena masalah hardware overheat

Penyebab : Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja laptop atau komputer yang pada akhirnya laptop menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart. 

Solusi : pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

Mungkin itu tips yang bisa saya berikan semoga tips tips yang saya berikan dapa membatu teman teman dalam mengatasi masalah hanging ini. Terimakasih temen temen yang sudah mau mampir ke blog saya. 
Terimakasih