8 Tips Membeli Laptop Baru Agar tidak Menyesal



Tips Membeli Laptop baru - Membeli barang baru entah itu laptop komputer atau barang lainnya itu pasti terlihat mudah bagi setiap orang baik anak kecil, remaja ,dan orang tua.

Kenapa terlihat mudah ? 


Bukankah membeli barang itu mudah ? 


Jawabanya ya. Memebeli barang baru memang mudah.


Tetapi jika kamu hanya melihat harga dan tampilan barang yang ada di toko. Dan akhirnya setelah kamu membeli dan membawa pulang barang tadi kamupun akhirnya menyesal dan kecewa dengan barang yang kamu baru beli. 

Jadi kita harus jeli dalam membeli barang baru dan mempertimbangkan banyak hal. Laptop pun demikian teman sebelum kita membeli laptop baru jangan langsung membeli tapi perimbangkanlah beberapa hal sehingga suatu saat kamu tidak menyesal karena telah membeli laptop tersebut. Bagi teman teman yang ingin tahu cara membeli laptop baru yang benar silahkan simak penjelasan berikut :

Tips Membeli Laptop baru  

Pada postingan saya kali ini saya akan memberikan hal hal apa saja yang teman teman harus pertimbangkan sebelum membeli laptop baru berikut penjelasannya : 

1. Spesifikasi Laptop

Hal yang paling utama yang perlu teman teman perhatikan ketika ingin membeli laptop baru adalah spesifikasi hardware yang di miliki oleh si laptop baru bukan harga.

Kenapa ? karena yang menentukan harga suatu laptop adalah spesifikasi hardware yang dimiliki. 


Agar teman teman bisa tahu spesifikasi yang dimiliki oleh laptop teman teman bisa menanyakannya ke sales penjual laptop. Adapun spesifikasi yang harus di perhatikan sebagai berikut :
  • Processor : Processor ini sangat mempengaruhi lelet dan tidak leletnya laptop kamu. Selain itu  banyak program atau aplikasi yang mengharuskan kamu punya spesifikasi prosesor yang tinggi agar program atau aplikasi tadi dapat berjalan dengan lancar. Dan juga teman jika kamu punya laptop dengan prosesor yang bagus maka kamu bebas memilih sistem operasi apapun karena tidak akan membuat laptop kamu lelet. Jika kamu menginginkan kenyamanan dalam penggunaan laptop pilihlah laptop dengan prosesor yang bagus.  
  • Memory : Memory atau yang biasa di sebut RAM adalah tempat penyimpanan data sementara. Dan memory ini sangat mempengaruhi cepat atau tidaknya sebuah laptop dalam menjalankan program yang kamu jalankan dan cepat atau tidaknya dalam mengeksekusi sebuah perintah. Saran saya pilihlah memory mempunyai kapasitas yang tinggi  agar teman teman nyaman dalam menggunakan laptop tersebut dat tidak mudah hang tentunya. Untuk standarnya jika teman teman ingin punya laptop yang cepat paling tidak laptop itu mempunyai memory dengan kapasitas 2 GB.
  • Harddisk : Hardisk juga merupakan hal yang sangat penting yang harus kamu perhatikan. Pilihlah kapasitas harddisk sesuai dengan kebutuhan kamu. jangan terlalu kecil dan jang terlalu besar. Kenapa begitu ? karena jika kamu memilih harddisk dengan kapasitas yang kecil maka kamu akan sering sering menghapus data karena harddisk kamu penuh. Sebaliknya jika kamu memilih harddisk dengan kapasitas yang terlalu besar maka harganyapun akan besar juga. jadi saran saya pilihlah sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Koneksi : Teman teman pasti bertanya tanya kenapa dengan koneksi ? karena koneksi ini sangat penting karena pasti teman teman sangat membutuhkannya untuk terkoneksi dengan internet. Lalu apa yang harus diperhatikan ? yang teman teman harus perhatikan adalah ketersedian koneksi wifi dan port RJ - 45. Kenapa dengan itu semua ? Perlu teman teman ketahui tidak semua laptop mempunyai dua hal itu. Teman teman pasti ingin menikmati koneksi internet gratis di sekolah atau tempat lainnyakan. Dan kebanyakan pasti menggunakan teknologi wireless atau wifi. Nah ketika laptop teman teman tidak bisa menggunakan internet gratiskan. Jadi pilihlah laptop yang mensupport koneksi wifi.
  • Baterai : Baterai ini sangat penting teman karena alasan menggunakan laptop ketimbang komputer yaitu karena laptop bisa di bawa kemana mana. Dan faktor laptop bisa di bawa kemana mana karena laptop mempunyai batera yang bisa digunakan tanpa perlu mencolokkan kabel ke sumber listrik. Jadi pilihlah laptop yang mempunyai kapasitas dan kualitas baterai yang bagus.

2. Sesuaikan kebutuhan kamu 

Teman teman jangan membeli laptop karena tampilannya yang bagus, speknya yang tinggi dan harganya yang murah saja tapi pertimbangkanlah fungsi dari laptop itu sendiri bagi teman teman agar teman teman tidak menyesal nantinya. Berikut yang harus teman teman pertimbangkan :
  • Pekerjaan /  Tugas sekolah : Jika teman teman membeli laptop hanya untuk mengerjakan tugas kantor dan sekolah yang hanya digunakan untuk editor teks saja maka plilih lah laptop dengan spesifikasi standar saja karena untuk penggunaan ini tidak memerlukan spek laptop yang terlalu tinggi. Dan jika teman teman membeli laptop denga spek yang standar harganyapun pasti akan lebih murah.
  • Gaming : Jika teman teman membeli laptop untuk bermain game maka pilihlah laptop dengan spek yangtinggi karena hal itu akan sangat mempengaruhi kenyamanan teman teman. Dan kebanyakan game tidak bisa berjalan di laptop yang speknya rendah.
  • Desain Grafis : Jika kamu menggunakan laptop untuk kebutuhan ini maka hal yang harus kamu perhatikan adalah pilihlah laptop yang mempunyai resolusi yang besar serta prosesor yang mempunyai kecepatan yang tinggi serta kemampuan menampilkan grafis yang bagus sehingga akan membantu mempermudah pekerjaan kamu.

3. Merek


Merek laptop adalah hal yang harus kamu perhatika. Kenapa ? karena laptop dengan merek yang sudah terkenal pasti akan mempunyai kualitas yang bagus karena pasti mereka menginginkan agar konsumennya merasakan kepuasan dengan produknya sehingga produknya laku di pasaran. Tapi perlu di ingat juga teman tidak semua merek yang sudah terkenal itu bagus semua. Pasti ada kekurangan yang mereka miliki jadi pelajarilah kekurangn dan kelebigan masing masing merek yang sudah banyak di internet sekarang ini, agar teman teman tidak menyesal nantinya. Dan perlu diingat merek yang sudah terkenal pastinya mempunyai harga yang lebih mahal dari merek lainnya.

4. Masa hidup baterai

Masa hidup baterai juga sangat penting teman. Karena kamu pasti tidak maukan ngecharge baterai sampai puluhan kali dalam sehari. Atau kamu harus mencololokkan charge setiap kamu menggunakan laptop kamu. Jadi pilihlah laptop dengan masa baterai yang lama sehingga kamu tidak perlu menchargenya sering sering dan akan membuat kamu merasa nyaman OKE.

5. Sistem operasi 

Ada banyak sekali jenis sistem operasi dewasa ini. Teman teman harus tentukan sistem opersi apa yang teman teman inginkan karena laptop baru biasanya sistem operasi yang terpasang adalah sistem operasi yang original bukan hasil bajakan. Jadi pilihlah yang benar benar kamu inginkan jadi kamu tidak menggantikan dengan sistem operasi lainnya nantinya dengan sistem operasi bajakan. Saran saya jangan menggunakan sistem operasi yang baru dirilis karena biasanya kamu akan susah dalam mencari aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi kamu.

6. Desain Laptop


Bagi kamu yang suka Fashion pastibarang apapun pasti desainnya akan kamu pertanyakan. begitu juga dengan laptop ada banyak desain laptop di pasaran yang teman teman bisa pilih. teman teman bisa memilih berdasarkan tampilan cantik dari laptop tersebut, tapi selain itu teman perhatikan juga keamanannya yang membuat laptop kamu tidak cepat rusak ketika terbentur atau jatuh dan lain sebagainnya.

7. Harga laptop


Nah setelah kita mempertimbangkan banyak hal di atas barulah kita membahas soal harga. Jika sudah mempertimbangkan beberapa hal di atas maka kita akan mudah dalam menentukan harga. Intinya jika teman menginginkan laptop dengan spek yang tinggi seperti untu game dan desain maka harganyapun lumayan tidak murah sedangkan jika teman teman menginginkan laptop dengan spek yang relatif rendah seperti untuk mengerjakan tugas sekolah dan kantor yang hanya digunakan untuk editor teks maka harganya pun relatif murah.

8. Harga jual kembali


Terkadang kita terpaksa untuk menjual barng yang kita punya karena suatu alasan. Laptop yang kita milikipun terkadang harus kita jual. Nah untuk tips yang terakhir adalah perhatikan harga jual kembali laptop yang akan dibeli. Sehingga kamu akan mendapatkan uang dengan selisih yang tidak terlalu jauh dari harga laptop yang kamu beli ketika masuh baru.

Mungkin itu tips yang bisa saya bagikan kepada teman teman semoga bisa bermanfaat bagi teman teman dalam membeli laptop baru. Dan janganlah jadi orang yang menyesal setelah membeli laptop baru. Sekian dari saya terimakasih sudah membaca. Semoga berhasil.



3 Comments

  1. betul sekali apa yang sudah dikatan oleh Admin lewat tulisan diatas, membeli Laptop harus perlu pengetahuan pendukung agar,,,tidak menyesal dikemudian hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik cari tau dulu dari pada harus menyesal di kemudian hari..

      Delete